Skip to main content

Menikmati Makanan Rumahan Malaysia Di Mama Malaka




I'm come back

Setelah bertapa kelamaan, akhirnya saya bisa nulis lagi di blog yang ini. Kali ini saya mau cerita tentang salah satu resto yang pada hari kamis (25/2) lalu saya kunjungi. Lokasi restonya ada di One Bell Park, Fatmawati, Jakarta. Letaknya di basement ya, jadi nanti kalau nyari bisa langsung ketemu. 

Sesuai dengan namanya, Mama Malaka adalah resto yang asalnya dari Malaysia. Menu yang disajikan pun menu-menu rumahan yang terkenal di Malaysia. Konsep resto pun dibuat senyaman mungkin seperti di rumah sendiri. Saat saya datang, suasananya belum terlalu ramai jadi masih asik buat foto-foto. Interiornya benar-benar dibuat mirip seperti di rumah. Jadi, seperti makan di rumah sendiri.



Mama Malaka menawarkan beragam makanan rumahan Malaysia. Saya melihat deretan menu yang memang sebagian tidak asing. Seperti nasi lemak yang memang terkenal di Malaysia. Ada juga nasi rames malaka yang bikin saya mengernyitkan dahi. Bingung. Yang saya tahu kan nasi rames itu adanya di warteg-warteg. Lah, di Mama Malaka ternyata ada loh menu nasi rames. Tentu aja rasanya ngga sama dengan nasi rames yang ada di warteg. 

Homey dan Nyaman Kaya di Rumah Sendiri
Karena penasaran sama rasanya, saya pun memesan Nasi Rames Malaka. Kalau rasa nasinya sendiri ya ngga beda sama nasi yang biasa saya masak di rumah. Sama-sama nasi putih. Nasi Rames Malaka ini disajikan dengan beberapa lauk seperti sayur buncis yang dimasak dengan sambal.

Biasanya buncis itu ditumis saja, tapi di menu ini buncisnya ditumis sama sambal. Jadi buncisnya bisa disebut buncis balado :) Selain buncis, ada tahu yang lembut banget. Entah pakai tahu apa, yang jelas rasanya sangat-sangat lembut banget.  Tahunya digoreng setengah matang, lalu diatas tahunya disirah saus. Sausnya mirip dengan saus tiram dengan campuran ayam rebus yang dipotong kotak kecil plus campuran teri nasi. Pelengkap yang lain, ada ayam tepung yang rasa tepungnya sendiri mirip tepung adonan tahu goreng.

Nasi Rames 55K, Versi Malaysia

Untuk minumannya, saya memesan Es Kopi Tarik, bukan kopi vietnam dan ngga minum sama Jessica juga :) Rasanya juara banget. Jujur, rasa es kopinya memang beneran enak. Walau di tambah dengan batu es, rasa kopi dan manisnya tetap ada.


Kopi Tarik, 29K

Ketika saya mengunjungi teman yang tinggal di Malaysia, ada kebiasaan unik sebelum makan. Jadi, sebelum makan besar, ada kudapan yang memang sengaja disediakan. Waktu itu saya disediakan pizza sebelum makan malam. Sebenarnya itu makan berat ya, tapi ya mungkin mereka menganggapnya itu adalah hidangan pembuka. Dan  di Mama Malaka sebagai restoran Malaysia ini pun menyediakan Appetizer atau kudapan pembuka. 

Appetizer yang disediakan ada Pai Tee, kudapan yang berupa sayuran cincang dengan tambahan ayam dan disajikan dalam crispy patty cases. Ada juga Mama Fish Cake, Popiah, Pisang goreng madu, Singkong goreng, Tape Bakar dengan toping mesis coklat dan keju, aneka martabak, Roti Canai, Roti Pisang Madu, dan Roti Tisu.

roti-tisu-mama-malaka
Roti Tisu 35K, Pas Buat Sekeluarga
Untuk menu utama, selain ada nasi rames seperti yang saya pesan, ada juga nasi lemak yang memang menjadi ikon kuliner di Malaysia. Selain itu ada Mama's Chicken Rice, Mama's Grill Chicken Rice, Beef Sio, Ayam Buah Keluwak, Peranakan Chicken Satai, Chicken Kapitan, dan Beef Rendang.

Nasi Lemak 55K
 Ada juga beragam pilihan nasi goreng seperti Vegetarian Fried Rice, Kiam Hoo Fried Rice, dan Mama's Special Rice. Kalau ngga mau makan nasi, ada pilihan mie juga. Ada Fish Ball Noodle, Mie Siam, Ghar Kuay Teow, Kiam Hoo Kuay Teow dan Mama's Mee Goreng. 

Kerapu Sambal Mama 99K, Porsi Keluarga
Soal rasa, Mama Malaka memang membuatnya mirip seperti makanan rumah Malaysia. Namun, ada beberapa makanan peranakan yang memang perpaduan antara China dan Malaysia. Untuk harga, relatif terjangkau mulai dari 25 ribu hingga 135 ribu. 

Jadi, kalau ingin menikmati kuliner Malaysia tapi belum kesempatan pergi ke Malaysia, Mama Malaka bisa jadi pilihan. Suasana rumah yang nyaman pastinya akan memberikan sensasi makan yang beda.

Cabang Resto Mama Malaka






Comments

Post a Comment

Most Wanted